Saturday, June 02, 2007

brown itu merah?

Jumat malam di kota Malang dengan udara yang cukup dingin. Otak memaksa tubuh untuk menyeduh kopi panas, dengan tambahan jahe mungkin dapat sedikit mengurangi rasa dingin ini. Sedikit terdengar tradisional, persedian jahe bubuk sudah habis maka aku memotong jahe seukuran jempolku dan langsung menumbuknya dengan ganggang pisau.

Jahe yang sedikit hancur itu aku masukkan ke dalam mug, satu sendok kopi aku masukkan dan langsung aku seduh dengan air panas. Sebelum memasukkan gula pada kopi jahe itu mataku tertarik pada bungkusan kecil di meja makan. Bungkusan kertas kecil itu tertulis "Brown Sugar", kemudian aku balik sisi lainnya dan pada bungkus itu tertulis "Gula Merah". Berikut skrinsyutnya:


Bukannya brown itu berarti warna coklat? Kalau dibahasakan inggris harusnya "Red Sugar"? yang berarti gula merah. Dilihat dari warnanya memang gula itu berwarna coklat, entah kenapa kita menyebutnya dengan warna merah. Pada waktu pembuatan, ketika gula itu masih panas dan lumer warna yang kelihatan memang seperti campuran antara merah tua dan coklat.

Kalau kita lihat kamus, "Brown Sugar" artinya adalah:
# Oxford, n: half refined
# WordNet, n: unrefined or only partly refined sugar

Bila "Brown Sugar" berarti gula merah, kenapa di kamus tidak mengartikan bahwa gula itu dibuat dari intisari pohon aren? Di kamus itu lebih menerangkan bahwa gula tersebut ialah hasil dari sebuah proses. Seperti bila gula ditaruh diwajan panas dia akan menjadi seperti karamel, itu juga dapat disebut dengan brown sugar. Berbeda dengan bahasa indonesia yang menyebutkan bahwa gula merah itu gula yang terbuat dari intisari pohon aren. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam bahasa inggris arti "Brown Sugar" lebih umum, sedangkan dalam bahasa indonesia arti "Gula Merah" lebih menunjukan pada gula yang terbuat dari intisari pohon aren.

*CMIIW*

Bungkusan kertas yang berisi gula merah itu aku sobek dan aku campurkan pada kopi jahe tersebut. Hmm... rasanya nikmat tiada duanya. Kopi tersebut menemani aku membaca buku My Name is Red karya Orphan Pamuk. Btw sekarang lagi bulan purnama loh...

13 comments:

M Fahmi Aulia said...

dalam bahasa Inggris, tidak ada istilah "Red Sugar"...brown sugar itu 'mewakili', karena pohon aren (menurut mereka) berwarna coklat..

begitu, Dah..
gitu aza ga ngerti.. :-"

tukang-ketik said...

#ngkoh pahmi: koq menurut mereka? menurut ngkoh apa?

trijoed said...

yaa.. begitulah bahasa inggris. Kadang dalam bhs Indo ada padanan katanya,kadang jg enggak,begitu juga sebaliknya.. tapi menurutku bahasa yg termasuk buanyak kosakatanya ya bhs Jawa. knapa? gmna nggak lha wong buah kelapa (mulai dari biji sampe yg tua) sampe akar2nya semuanya punya nama ato istilah sendiri2.. paling yg nyaingi cuma bhs pengetahuan(bhs latin).

joe said...

klo brown sugar artinya gula merah
(dalam bahasa indonesia) dalam bahasa jawa (gulo abang)
lah kalau kota crododile forget (dalam bahasa indonesia) artinya buaya lupa...nah tuh kan. coba diartikan dalam bahasa jawa klo ga salah artinya boyo lali..hik's semburat...

Hundeey said...

ya kalo gitu, bisa juga disebut "Java Sugar" atw "Javanesse Sugar" yang artinya gula jawa.
Bukannya gula merah == gula jawa???

VNZ said...

Ditempatku masih ada yang berprofesi membuat gula merah, dia gag ngambil dari pohon aren, tapi dari pohon kepala.. namanya, "Nderes"

Dan untuk Brown sugar mungkin padanan yang tepat untuk bahasa indonesia adalah gula merah, Bahkan di lagunya Rolling stones, BROWN SUGAR itu artinya HEROIN.

rita said...

halah, ga usah diributin, ayo ngombe wedang jahe ae :d

odhiepe said...

apa biasanya gag di malang yahh ???
telat bo kalo mau ganti artinya, coba loe duluan yang translatenya... ya ngikut elo. tapi ngomong2 loe dah punya cicit kale.....

ferdhie said...

hmm ... beda warna sama makna yah. kalau sama bentoel ijo nya orang madura sama ga yah???

warna-warni said...

iya pak guru....

aneh kalo dari pabrikx udah begitchu ya sudah...

kenapa harus di "PROTES"....

wah pak guru yang satu ini terlalu mendalami ilmu kegulaan di indoneia..

mang penting yaw..

asal gula itu tak mengandung racun dan bahan yang laen2 saya rasa itu sudah cukup aman...

ya kan...?

sekang yang penting nikmati saja gula yang sudah ada di indonesa....

Anonymous said...

Kayanya salah dimengerti deh.
Kalo bahasa jawa tuh gula merah disebut juga gula jawa.
Nah kalo brown sugar itu sama kaya gula biasa (granulated) tapi masih ada sari tebunya sehingga warnanya kecoklatan.
Kalo gula jawa/merah itu dalam bahasa inggrisnya palm sugar, tapi palm sugar itu sudah dlm bentuk bubuk bukan kaya di indonesia.

Brown sugar terkenalnya di luar negeri kalo di indonesia masih jarang yg pake, biasanya industri kue, jadi terjemahan brown jadi merah itu ya buatan org indonesia, bukan org bule yg salah nerjemahin. Nah dibikinlah kosakata baru gula merah yang artinya berbeda dari gula jawa

teknoku said...

kalo di daerah saya taunya gula merah ada 2 jenis yaitu gula kelapa ama gula tebu yang dibuat secara tradisional

Fahri Emje said...

Berita IT Terkini
Cara Memakai Jilbab

Download Opera Mini 7

Rumah Minimalis Type 45

Download Tema Nokia Gratis 

Daftar Harga Sepeda Polygon

Rumah Minimalis Type 36

Honda CB150R

Gambar Animasi Lucu

Kata Mutiara 

Toshiba C800D

Jadwal Liga Spanyol 2012-2013
Jadwal Liga champion 2012/2013
Hasil dan Jadwal Liga Inggris/ EPL
Harga BB (Blackberry)
Aplikasi Office Android
Harga HP Sony
Harga HP Nokia
Harga Samsung
Harga Advan Vandroid